Cara menghitung bunga deposito berjangka


Sebelum anda membuka rekening deposito di bank ada baiknya anda mengetahui cara menghitung bunga deposito,karena kadang walau dihitung oleh computer namun karena kesalahan human error maka dapat terjadi kesalahan perhitungan bunga, maka akan lebih baik untuk anda mengetahui berapa bunga yang anda dapatkan tiap bulan.

Cara menghitung bunga deposito berjangka

Bunga deposito(Rp) =

Nominal (Rp) x bunga deposito(%) x Hari dalam 1 bulan x 80%(pajak)

365

  • Suku bunga ini berubah rubah sesuai BI rate, tanyakan pada bank anda berapa bunga  yang diberikan kepada anda karena masing-masing bank memiliki suku bunga yang berbeda beda walau BI rate yang ditetapkan adalah sama, biasanya bank selalu memberikan suku bunga di counternya serendah mungkin, negosiasikan dengan customer service untuk mendapatkan bunga semaksimal mungkin, untuk penempatan dengan nominal besar biasanya akan mendapat bunga khusus, namun tidak akan melebihi suku bunga yang ditetapkan BI.
  • Misalkan uang anda Rp.100.000.000,- dan asumsikan BI rate sekarang ini 8% dan sekarang bulan maret jadi ada 31 hari, maka bunga yang anda dapatkan :

Rp.100.000.000,- x 8% x 31 hari x 80%  = Rp.543.562,- pada bulan maret

365

Untuk menghitung berapa pajak yang dipotong dari bunga deposito ganti 80% menjadi 20%

Hal lain yang penting di ketahui :

  • Biasanya Customer Service akan menanyakan pada anda tentang bunga akan di Automatic Roll Over/ atau digulung sehingga nominal deposito akan bertambah tiap bulan atau di Principal Roll over / bunga ditranfer ke rekening tabungan anda baik di bank tersebut atau ke bank lain, biasanya bila ke bank lain akan dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan biaya transfer yang berlaku di bank tersebut.Ada juga Non Automatic Roll Over dimana deposito anda akan dicairkan pada saat jatuh waktu dengan persetujuan anda dari awal.
  • Jangka waktu deposito juga bervariasi dari 1 bulan, 3 bulan , 6 bulan, 12 bulan bahkan 24 bulan, tanyakan pada bank anda berapa suku bunga untuk setiap jangka waktu tersebut karena biasanya lebih besar untuk jangka waktu yang lebih lama bila BI rate sedang naik, tapi bisa lebih kecil atau minimum sama untuk setiap jangka waktu bila BI rate sedang turun.
  • Bank akan menerbitkan Bilyet deposito yang ditandatangani oleh pejabat bank.
  • Biasanya penempatan minimal Rp.8.000.000,- karena aturan BI bahwa jumlah diatas Rp.7.500.000,- akan dikenakan pajak 20% yang bersifat final, jadi biasanya bank membatasi penempatan deposito harus minimal Rp.8.000.000,- .
  • Tanyakan pada bank anda apabila tanggal jatuh tempo anda jatuh pada hari libur (sabtu, minggu atau hari libur nasional), biasanya akan dapat dicairkan keesokan hari dari hari libur tersebut dan tanyakan bagaimana bunga hari libur tersebut karena ada yang tidak membayarkan bunga hari libur tersebut.
  • Keuntungan bila anda menempatkan deposito lebih dari 1 bulan adalah bahwa bunga tersebut tidak berubah selama jangka waktu yang ditetapkan sehingga bila ada perubahan BI rate dan turun anda akan tetap memiliki bunga tersebut.
  • Bunga yang diberikan untuk hitungan pertahun karena sebenarnya yang anda dapatkan dalam rupiah tiap bulannya adalah suku bunga dibagi 12 bulan, jadi  mis suku bunga 8%, sebenarnya bunga yang anda dapatkan 8% dibagi 12 yaitu 0.7 %
  • Untuk deposito biasanya digunakan suku bunga fixed rate dimana bunga ini tidak akan berubah untuk jangka waktu 1 bulan.
  • Anda dapat menempatkan deposito dalam kondisi “or” , misalnya A or B sehingga salah satu bisa mencairkan deposito tersebut apabila salah satu berhalangan, baiknya lagi apabila salah satu meninggal dunia maka salah satu bisa mencairkan deposito tanpa harus mengurus surat ahliwaris dari pengadilan. Ada juga kondisi “and” namun sekarang ini bank jarang menggunakan karena berarti harus ada tanda tangan keduanya pada saat pencairan.
  • Ada juga depositi on call dimana deposito ini hanya untuk diatas jumlah tertentu dan suku bunga nya lebih rendah dari pada suku bunga deposito berjangka tetapi tetap lebih tinggi dari pada suku bunga tabungan karena deposito on call ini jangka waktunya untuk 1 atau 2 minggu malah kadang bisa dalam hitungan hari. Cara hitungnya sama dengan diatas hanya diganti harinya saja.
  • Minta konfirmasi perpanjangan deposito anda tiap bulannya untuk mengetahui berapa bunga yang anda dapatka setiap bulannya dan untuk mengecek sudah betulkah bunga yang dibayarkan kepada anda.
  • Tanyakan bank anda apakah bank tersebut mengikuti LPS,karena sekarang pemerintah hanya menjamin Rp.100.000,000/ bank dari semua rekening baik tabungan dan deposito, maka ada baiknya anda mengetahui apa bank anda cukup save/kuat, juga ada baiknya anda memecah deposito anda jadi beberapa nama atau qq dengan anak anda yang masih kecil karena dihitung perorang juga.
  • Tanyakan pada bank anda berapa persen pinalti dari tabungan apabila anda ingin membreak deposito anda sebelum jatuh tempo apabila anda membutuhkan dana dari deposito tersebut karena biasanya harga pinalti cukup besar dan dihitung dari pokok sedangkan bunga yang berjalan juga tidak dibayar. Beberapa bank dapat membebaskan anda dari denda pinalti sebagai pelayanan tambahan apabila anda nasabah loyal dari bank tersebut namun dengan imbalannya bunga berjalan tidak dibayar, adajuga yang  memberikan bunga berjalan, ada juga yang memberikan bunga berjalan namun sesuai bunga tabungan, maka tanyakan bank anda sebelum menempatkan deposito. Sebenarnya pinalti ini tidak diperkenankan.

Cara menghitung pinalti

Pinalti =  d/365 x Nominal x factor Pinalti

d= hari yang belum dijalani

Faktor pinalti = 4-6 % tergantung tiap bank

Misalkan deposito anda jatuh tempo lima hari lagi dan anda membutuhkan dana tersebut dan anda setuju bunga berjalan selama 25 hari tidak dibayarkan (asumsi saat ini bulan juni=30 hari), jadi pinaltinya

5 hari/365 x Rp.100.000.000,- x 6 % = Rp.82.192,-

Jadi uang anda terpotong oleh pinalti, sehingga uang yang anda terima hanya (Rp.100.000.000,- – Rp.82.192,-)= Rp.99.917.808,-

Jadi lebih baik anda tidak mencairkan deposito anda sebelum waktunya karena anda akan rugi nominal deposito anda terpotong anda tidak mendapatkan bunga berjalan pada bulan tersebut.

Apabila anda kehilangan bilyet deposito segeralapor ke bank anda disertai sural laporan kehilangan dari kepolisian dan bank anda akan memberikan copy dari bilyet anda dengan stempel duplikat, akan lebih baik anda segera mencairkan deposito tersebut dan menempatkannya kembali agar mendapatkan bilyet deposito yang baru dengan nonor bilyet deposito yang baru.

Anda Mau Tau cara hitungnya, mohon isi survei saya dahulu klik disini atau di sini

About these ads

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Tulisan ini dipublikasikan di Ilmu Pengetahuan, Pelajaran Matematika. Tandai permalink.

18 Balasan ke Cara menghitung bunga deposito berjangka

  1. Ping balik: Cara menghitung bunga deposito berjangka « Absoluterevo's Blog

  2. zulfa berkata:

    makasih banyak…

  3. Damar Wulan berkata:

    Wah info nya lengkap n detail sekali, terima kasih gan.

  4. ami soemi berkata:

    Sipp………… mksih infonya

  5. Lois berkata:

    Bro, mo tanya kalo dalam deposito ada 2 nama, tp diantaranya terpisah dengan kata “QQ”..itu artinya apa?ada undang2 yg menetapkan hal itu ga?thanks banget

  6. Rahmad berkata:

    terima kasih om hampir ambo terjebak oleh iklan bungah 5,5 persen …….tak ada keterangan perbulan atau pertahunnya

  7. Rahmad berkata:

    kalau bunga itu dihitung perbulan aku mau melepas modal 100jt

  8. Heriyana berkata:

    Keren. Terimakasih telah membantu menyelesaikan tugas perbankan saya

  9. akang berkata:

    permisi saya mau tanya, almarhum nenek saya meninggal dan meninggalkan deposito bilyet dalam bentuk dollar, syaratnya/mekanismenya seperti apa ya untuk mencairkan deposito tersebut, trima kasih

  10. winda berkata:

    terimakasihh..
    ini bnyk membantu

  11. Nurdin Andriyanto berkata:

    thx for informations

  12. andhika berkata:

    sangat membantu infonya… thanks…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s