TANAMAN OBAT – DAUN WUNGU


TANAMAN OBAT – DAUN WUNGU PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengunjung: / 1
TerjelekTerbaik

TANAMAN OBAT – DAUN WUNGU

Tanaman obat – DAUN WUNGU

Graptophyllum pictum (L.) Griff.

KLASIFIKASI : Daun wungu disebut Graptophyllumpictum (L..) Griff, atau Graptophyllum hortense Nees. termasuk ke dalam famili tumbuhan Acanthaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah pudin, puding, puding perada, handeleum, demung atau daun putri.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain : Daun : alkaloid non toksik, flavonoid, glikosid, steroid, fenol, polifenol, saponin, tanin, lendir. Batang : kalsium, kalium, Na, Mg, oksalat, asam format, lemak, minyak atsiri.

EFEK FARMAKOLOGIS : Tumbuhan ini bersifat: Peluruh kencing (diuretik), mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan dengan jalan menghambat absorpsiair di dalam lumen usus (mild laxative), pelembut kulit kaki (emolien).

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, kulit batang dan bunga.

PENYAKITYANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
1. Wasir.

a. Daun segar 10 g, rebus dengan 2 gelas air jadi 1 gelas, saring, minum, sampai sembuh.

b. Daun wungu segar 10 g, daun sendok segar 15 g, cuci, rebus dengan 3 gelas air jadi 2 gelas. Saring minum siang hari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

c. Daun wungu dan pegagan atau rumput mutiara (untuk pendarahan) segar masing-masing segenggam, 3 tanaman tempu yang seutuhnya, bawang merah dan adas masing-masing 3 butir, pulosari dan rimpang kunyit masing-masing 1/2 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum. Pagi dan sore hari. (Saran 3 x 1 kapsul per hari, minum banyakair)

2. Bengkak terpukul. Kulit batang secukupnya ditumbuk halus. Letakkan diatas bagian tubuh yang bengkak lalu dibalut. Ganti 2 kali sehari.

3. Bisul payudara. Daun segar dicuci bersih lalu oleskan santan kelapa, kemudian layukan diatas api. Hangat-hangat letakkan diatas payudara yang sakit

4. Melancarkan haid. Bunga kering 1 genggam diseduh dengan lima gelas air panas. Minum sebagai teh menjelang haid.

5. Sembelit. Daun segar 7 lembar, rebus dengan 2 gelas air bersih jadi 1 gelas. Saring, minum. (Saran 3 x 1 kapsul per hari, minum banyak air. )

6. Sakit telinga. Daun bersih ditumbuk dan diperas, air perasannya untuk tetes telinga

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s