TANAMAN OBAT – DUWET


TANAMAN OBAT – DUWET PDF Cetak E-mail

Penilaian Pengunjung: / 1
TerjelekTerbaik 

TANAMAN  OBAT - DUWET

 

 

Tanaman obat – DUWET

Eugenia cumini

 

KLASIFIKASI : Duwet disebut Eugenia cumini atau Syzgium cumini termasuk ke dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jamblang, dalas, dhuwak atau juwet.

 

 

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :

– Buah : zat penyamak tanin, minyak terbang, damar, asam gallus dan glicosida.

– Biji : tanin, asam galat, glukosida phytomelin, alfa-phytosterolyang bersifat anticholesteremik.

– Kulit : Zat samak.

 

 

EFEK FARMAKOLOGIS:

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat : Rasa manis, netral, astringent, anticholesteremik, antimalline, anti-diabeticum.

 

 

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN :

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan bunga, biji dan kulit.

 

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANNYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagaiberikut :
1. Ngompol. 7 butir biji juwet digiling sampai halus, lalu direbus dengan 2 cangkir airbersama gula jawa, sampai airnya tinggal separonya. Minum setiap hari 1 cangkir sekitar jam 5 sore, sampai sembuh.

2. Mencret karena masuk angin,udara dingin dll. Kulit dahan sekitar 1 jari kering, direbus dengan 2 gelas air mendidih jadi 1 gelas.Saring, minum.

3. Diabetes (kencing manis). Biji 15 butir ditumbuk halus, rebus dengan 2 gelas air sampai jadi satu gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan minum untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan terasa segar dan tidak lesu lagi. Atau, kulit pohon jamblang 250 gr (basah), dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air jadi 2 gelas. Saring, minum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari.

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s