TANAMAN OBAT – KASINGSAT


TANAMAN OBAT – KASINGSAT PDF Cetak E-mail

Penilaian Pengunjung: / 1
TerjelekTerbaik 

TANAMAN  OBAT - KASINGSAT

 

Tanaman obat : KASINGSAT

Cassia occidentalis Linn.

 

 

KLASIFIKASI : Kasingsat disebut Cassiaoccidentalis Linn. atau Cassiacaroliniana Walt termasuk ke dalam famili tumbuhan Caesalpiniaceae (Leguminosae). Tanaman ini dikenal dengan nama daerah cinyingsat, senting, kopi andelan atau bulinggang alas, kacang tikus.

 

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a.l :

– Daun : Dimericanthrone glikosida, suatu pencahar yang sangat poten.

– Akar : 1,8-dihydroxy-anthraquinone, alfa-hydroxy-anthraquinone, emodin, quercetin, heterodianthrone, chrysophanol.

 

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat : Rasa pahit, dingin, agak beracun. Pengobatan radang mata, perangsang nafsu makan, pencahar (laxans), anti radang.

 

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, biji, batang danakar. Dikeringkan dibawah sinar matahari.

 

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Sakit kepala berulang. Daun 30 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

2. Keputihan (flour albus). Daun muda yang dikukus sebagai lalap berkhasiat terhadap keputihan.

3. Digigit ular. Segenggam daun segar dilumatkan, kemudian diperas, airnya diminum dan ampasnya dibubuhi pada luka gigitan.

4. Sulit buang air besar, dysentri, diare kronis, nyeri ulu hati. Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2kali 1 gelas.

5. Batuk, sesak napas, radang paru. Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

6. Hepatitis. Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

Catatan : Wanita hamil dilarang pakai.

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s