BAGAIMANA CARA MENGETIK 10JARI …….?


 Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari


MENGUASAI ILMU MENGETIK 10 JARI :

Mungkin sebagian orang berpendapat untuk apa belajar mengetik 10 jari segala, saya rasa mengetik 10 jari malah ribet, gak terbiasa, atau susah banget…! pendapat ini ada karena orang yang itu gak mau membaca atau belajar ilmunya mengetik 10 jari, banyak manfaat kalau kita bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, mengetik bisa lebih cepat dan tanpa melihat keyboard lebih rileks sehingga tidak mudah capek.
Seringkali bahkan mungkin setiap hari kita dihadapkan pada suatu keadaan yang terdesak dengan tugas-tugas yang menumpuk, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.

PRINSIP UTAMA :

Ada 2 prinsip utama dalam Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ini adalah :

1. Satu Jari Mendapat Bagian untuk Menghandle Beberapa Huruf Tertentu,

Ada suatu aturan yang harus dipatuhi yaitu masing-masing jari kita mendapat bagian beberapa huruf atau istilah lainnya masing-masing jari kita menghandle beberapa huruf dalam keyboard yang tidak boleh di handle oleh jari kita yang lain misalnya jari telunjuk tangan kiri mendapat bagian huruf 4,5,R,T,F,G,V,B sedangkan jari telunjuk tangan kanan menghandle huruf 6,7,Y,U,H,J,N,M untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang menggambarkan dengan warna bagian masing-masing jari kita dengan huruf yang harus dihandlenya.


Penjelasan Warna:
• Pink : di handle jari Telunjuk
• Kuning : di handle jari Tengah
• Hijau : di handle jari Manis
• Biru : di handle jari Kelingking
• Abu-abu : di handle jari Jempol

2. Penempatan Posisi Standby Jari Kita,

Prinsip kedua yaitu kita harus selalu meletakkan jari kita pada posisi standby atau posisi garis pangkal keyboard, seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah ini :


Penjelasan:

• Huruf “F” selalu ditempati jari telunjuk tangan kiri dan huruf “J” selalu ditempati jari telunjuk tangan kanan,
• Selalu gunakan benjolan kecil di huruf “F” dan “J” pada keyboard, raba dengan jari telunjuk untuk menemukan posisi standby / garis pangkal ini,
• Setelah jari kita bergerak menekan tombol lain diluar garis pangkal diatas, jari kita harus segera kembali pada posisi garis pangkal ini.

Selalu terapkan 2 prinsip diatas setiap kali anda mengetik, dan berlatihlah mengetik dengan 2 prinsip diatas sebanyak-banyaknya, tidak lama jari anda akan terbiasa dan insting anda akan jalan seperti halnya anda mengendarai sepeda motor atau mobil, yang tidak perlu lagi melihat dimana letak presneleng dimana letak rem, dll. Anda akan dengan mudah Mengetik 10 Jari tanpa melihat keyboard dengan waktu yang cepat.
TIPS DALAM MENGETIK :

Berikut ini 5 Tips dari Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah “Her World” mengenai bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera :
1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
2. Posisi siku menggantung
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
4. Tekan tombol dengan tenang
5. Bila tidak sedang mengetik lemaskan semua tangan anda

By

https://ritokurniawan.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s