Masjid – Masjid Diatas Gedung


Masjid – Masjid Diatas Gedung

Oleh Rito Kurniawan ( https://ritokurniawan.wordpress.com )

Masjid PGC (Cililitan)

Hari ini Lelah setelah keliling pusat perbelanjaan di kota Jakarta. Tapi semua kelelahan itu tiada berarti dengan Ketakjuban, Kekaguman, Kebanggan, Kesenangan entah lah apa lagi yang harus aku utarakan untuk perasaanku tersebut. Mungkin kalian bertanya kenapa?

Kenapa? Apakah karena barang-barang disana begitu lengkap? Atau karena fasilitasnya memadai? Atau karena suasananya yang begitu kondusif?

Jawabannya adalah tidak bukan kesemua hal diatas, Kekagumanku, Ketakjubanku berangkat dari pengalamanku shalat Dzuhur di masjid Nurul Iman yang terletak di lantai tujuh Blok M Square, Shalat Ashar Masjid di Menara 165 Jl. TB. Simatupang Kav. 1 Cilandak Jakarta Selatan, Shalat Mahgrib Masjid Pusat Grosir Cililitan, dan Kemarin Shalat Jum’at di PGC Tanah Abang.  4 bagunan ini meletakan masjid pada lantai teratas di gedung tersebut. Aku bisa bilang wow! Aku mendapatkan sebuah ketakjuban ketika aku menyadari posisi masjid tersebut yang berada diatas gedung, diatas sebuah pusat perbelanjaan yang selalu ramai didatangi orang. Menempatkan pusat religiusitas diatas hedonisme duniawi. Sedangkan selama ini, gedung manapun yang kukunjungi, sebagus apapun arsitekturnya, seluas apapun area bangunannya, selalu saja saya kesulitan mencari tempat untuk shalat. Jika pun ada, selalu berada di tempat yang terpencil dari gedung tersebut, entah itu di basement, sudut kecil di area parkir, tak terurus. Saya sering merasa kecewa dengan hal tersebut. gedung-gedung pencakar langit yang terlihat megah dengan semua kemewahannya, hanya menyisakan ruang kecil nan sempit untuk beribadah.

Siapakah pemilik blok m square, Masjid di Menara 165 Jl. TB. Simatupang Kav. 1 Cilandak Jakarta Selatan, Masjid Pusat Grosir Cililitan ? setelah negosiasi dan menelpon seorang sahabat, Akhirnya saya berhasil menemui Arsitek Gedung Menara 165.

Sy : Kenapa Bapak Meletakan masjid di atas gedung…?

Nn : Arsitektur bangunan Ini adalah permintaan pemilik gedung…!!!Menara 165

Ybs bilang “Allah SWT harus berada diatas segala-galanya, tidak mungkin kita dapat hidup tanpa Ada campur tangan dari Allah SWT, Takdir kita – rejeki kita, jodoh kita, perusahaan kita, negara kita, dunia kita adalah milikNYA. Allah SWT itu Maha Tinggi maka seharusnya Rumah Allah SWT pun (Masjid / Musholah) diletakan diposisi paling atas, bukan dibawah kaki kita, apalagi di basment.”

Siapapun pemilik blok m square, Masjid di Menara 165 Jl. TB. Simatupang Kav. 1 Cilandak Jakarta Selatan, Masjid Pusat Grosir Cililitan ? Yang telah menempatkan religiusitas di atas hedonisme kapitalis dibawahnya. Saya yakin orang tersebut adalah seorang muslim yang baik, yang tak melupakan hakikat kehidupan ukhrawi disamping kehidupan duniawi. Di tengah hiruk pikuk ibukota yang sangat berpotensi membuat keimanan menjadi gersang, ternyata masih ada yang peduli dengan kehidupan beragama masyarakat ibukota yang memang mayoritas beragama islam.

Advertisements

2 thoughts on “Masjid – Masjid Diatas Gedung”

  1. After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://seopressors.org You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s