Kesebangunan, Simetri Lipat dan Simetri Putar


Kesebangunan

Oleh Rito Kurniawan

Bangun datar-bangun datar sebangun adalah  bangun datar-bangun datar yang mempunyai bentuk sama dan ukuranya merupakan pembesaran atau pengecilan terhadap bangun datar lainya. Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut :

  1. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar;
  2. Sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama.

Dari contoh di atas bangun datar yang sebangun adalah c karena memiliki kesesuaian sudut dan perbandingan sisi.

Simetri Lipat dan Simetri Putar

//

A. Simetri Lipat
Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi 2 bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar maka dapat dilakukan dengan membuat percobaan dengan membuat potongan kertas yang ukurannya mirip dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bagian sama besar. Berikut ini adalah banyak simetri lipat dari bangun datar umum :

– Persegi Panjang memiliki 2 simetri lipat
– Bujur Sangkar memiliki 4 simetri lipat
– Segitiga Sama Sisi memiliki 3 simetri lipat
– Belah Ketupat memiliki 2 simetri lipat
-Lingkaran memiliki simetri lipat yang jumlahnya tidak terbatas

B. Simetri Putar
Simetri Putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pada simetri lipat namun caranya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Berikut ini adalah banyak simeti putar pada bangun datar umum :

– Persegi Panjang memiliki 2 simetri putar
– Bujur Sangkar memiliki 4 simetri putar
– Segitiga Sama Kaki tidak memiliki simetri putar
– Segitiga Sama Sisi memiliki 3 simetri putar
– Belah Ketupat memiliki 2 simetri putar
– Lingkaran memiliki simetri putar yang jumlahnya tidak terbatas

Jika suatu bangun datar dapat menempati bingkainya lebih dari satu cara dan bentuk yang diputar tersebut sama persis dengan sebelum satu putaran penuh maka bangun tersebut memiliki simetri putar.

Dari ilustrasi di atas menunjukkan bahwa segitiga ABC menempati bingkainya persis sama sebanyak 3 kali, jadi segitiga ABC memiliki simetri putar tingkat 3. Tidak semua bangun datar memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Ilmu Pengetahuan, Pelajaran Matematika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s