Apa Itu Islam, Mengenal Agama Islam Lebih Jauh


Bismillaah…

Bincang- bincang masalah ISLAM, agama yang ada pada diri kita ini…
Agama yang mungkin kita anut, karena KITA ini berasal dari KETURUNAN ISLAM…
Alhamdulillaah, karena Islam merupakan agama satu satunya di Ridhoi Oleh Allah SWT.
Namun, ada sebagian dari kita yang taunya kita Islam saja… tanpa tau makna Islam itu sendiri, yang mana Islam itu adalah agama kita.

Ketika kita di tanya, apa agama kamu ???
tentu kita sebagai orang Islam, akan menjawab agama saya Islam…
Namun, ketika kita di tanya…
Kenapa kamu beragama Islam ???
Apa itu Islam ???

Bisakah kita menjawabnya ???
Mungkin sebagian dari kita, ada yang bisa menjawab….,                                              namun……… ada pula yang mengatakan, karena orang tua saya beragama Islam yaa saya juga ikut beragama Islam…

Berarti, kalau orang tua kamu beragama Nasrani dan Yahudi berarti kamu juga akan beragama Nasrani dan Yahudi juga ???

Lalu apa yang kita jawab ???

Harusnya disini lah kita mulai telaah apa itu Islam…

Syahadat yang kita tau, adalah Asyhadu anla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadar Rosulullaah.

Syahadat Merupakan tanda tangan “KONTRAK” kita kepada Allah SWT, dan itu mengikat kita sebagai Muslim-Seorang pelayan & hamba Allah-yang menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada perintah Allah secara utuh berdasarkan syari’ah (hukum)-Nya tanpa kompromi atau keluhan.
Kita harus tunduk sepenuhnya tanpa memodifikasi, mengubah atau meninggalkan apapun dari perintah Allah dan terus menyembah, mengasihi & takut kepada Allah sampai napas kita mati dengan harapan pengampunan dari-Nya dan berharap pahala Jannah (surga) Insya’Allah…. aamiin

ISLAM adalah sebuah kata Arab yang, sejak zaman Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi Wasallam, telah memperoleh makna religius dan secara teknis memiliki arti yang penting, yang menunjukkan agama Muhammad dan Al Qur’an.

Islam, etis-religius maknanya, berarti “penyerahan secara menyeluruh untuk kehendak Allaah”

Islam adalah kata benda verbal yang berasal dari akar kata yg terdiri dari tiga huruf slm (Seen, Lam, Mim dalam bahasa Arab) yang membentuk beberapa perbendaharaan kata-kata yang banyak dimana sebagian besar berkaitan dengan konsep keutuhan, penyelesaian dan ikatan / gabungan. Dalam konteks agama itu berarti “penyerahan secara sukarela kepada Allaah”.

Muslim, adalah kata untuk penganut Islam atau orang yang memeluk agama islam, berasal dari kata kerja yang berarti, orang-orang yang percaya kepada Allah SWT dengan menunjukkan ketundukan mereka kepada Tuhan dengan menyembah Allah SWT dan mengikuti perintah-Nya, dan menolak menyekutukan Allaah.

Secara tata bahasanya, kata Islam adalah infinitif bentuk lisan yang terbentuk dalam empat arti. Salima dalam arti intransitif yaitu, “aman”, “untuk aman”, dll. Dalam bentuk kedua yaitu verbalnya (sallama) itu berarti “untuk membuat beberapa orang aman “dan” bebas “,” untuk membuat aman “, dll. Dalam bentuk ketiga (Salama), itu berarti” membuat kedamaian “, atau” menjadi tenang “, yaitu untuk didamaikan”. Dalam bentuk keempat (aslama), yang dalam arti infinitifnya atau arti sebenarnya untuk Islam, adalah “mengundurkan diri”, “untuk menyerahkan diri” atau “menyerah”.

Oleh karena itu Islam, dalam makna etis – keagamaannya, berarti “penyerahan yang menyeluruh kepada Allaah”, dan pengikutnya disebut Muslimun (arti perorangannya, muslim), yang dalam bentuk kata kerjanya, yaitu “mereka yang menyerahkan diri mereka”, atau “percaya”, sebagai lawan dari “yang menolak pesan dari Illahi”, yang disebut kafir, musyrik (yaitu mereka yang menyekutukan Allah dengan berbagai dewa-dewa sembahan), atau orang yang menyembah berhala. Kata Islam ini terkadang memiliki konotasi berbeda dalam berbagai kejadian dalam Al Qur’an. Dalam beberapa ayat, ada penekanan pada kualitas Islam sebagai sebuah keyakinan internal: “Siapa pun yang Tuhan ingin untuk membimbing, Dia memperluas dadanya kepada Islam.” Ayat lain menghubungkan Islam dan DIN (biasanya diterjemahkan sebagai “agama”).

Kita katakan bahwa Islam memiliki makna tetap yang telah sempurna & dalam masa hidup Nabi Muhammad dan kita harus mencari tahu untuk menemukan pengertian yang benar yang Nabi laksanakan dan ajarkan kepada teman-temannya & oleh tiga (3) generasi pertama yang mengikuti. Hanya ketika kita memahami pengertian yang telah ditetapkan, tidak mengubah pemahaman dalam Islam, kita akan benar-benar memahami arti sebenarnya dan dapat bertindak atasnya dengan cara yang sebenar-benarnya.

Insya Allaah bermanfaat yaa🙂

Oleh Rito Kurniawan

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Mengapa Aku Pilih Islam Sebagai Agamaku, Renungan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Apa Itu Islam, Mengenal Agama Islam Lebih Jauh

  1. syamsiyah berkata:

    Sipa sebenarnya nabi muhamad dan berwujud seperti apa beliau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s