CARA MUDAH TENTUKAN KIBLAT SHALAT


CARA MUDAH TENTUKAN KIBLAT SHALAT

السلام عليكم . بِسْــــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

Di era Canggih dan modern seperti ini, jika kiblat bisa lebih tepat / mendekati tepat, mengapa tidak? Bukankah lebih afdhol tepat daripada menghadap arah kiblat yang tidak meyakinkan, dan bisa jadi melenceng sangat jauh sekali dari Mekkah.

Bagi orang jarak jauh, shalat memang tidak harus tepat persis menghadap Ka’bah, melenceng 1-5 derajat masih dapat dimaklumi. Namun perlu diperhatikan bahwa:

1. Bagi orang yang menyaksikan Ka’bah wajib menghadapkan ke Ka’bah itu sendiri secara tepat, sementara bagi yg jauh lokasinya maka wajah harus dipalingkan ke arah Masjidil Haram

2. Menghadap Kiblat ialah salah satu dari “SYARAT SAH-NYA SHALAT”, jika kiblat melenceng terlalu jauh, maka dapatkah anda menjamin shalat anda sempurna? Apalagi tidak berjamaah di masjid, tidak tepat waktu, tidak khusyu dan lain sebagainya.

Mengapa harus menghadap Kiblat? Silahkan klik disini

Di negara Suriname (Amerika Selatan), dimana banyak transmigran dari jawa, terdapat 2 masjid berdampingan, 1 menghadap barat, 1 lagi menghadap timur… karena orang tua dari jawa tahunya shalat menghadap barat, padahal jika dari suriname maka harusnya menghadap timur,,,, dengan demikian para pemuda membuat masjid baru dengan kiblat yang tepat yaitu menghadap timur….

Seperti yang telah kita ketahui bahwa “MENGHADAP KIBLAT” adalah salah satu SYARAT SAH-NYA SHALAT, maka posting ini kami tujukan untuk memeriksa arah kiblat di masjid sekitar anda baik di sekitar rumah, kantor, sekolah, kampus atau tempat2 lain yang kerap digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Posting ini bukan untuk memeriksa arah kiblat sepanjang rute perjalanan anda, karena saat perjalanan naik kendaraan jarak jauh maka diperbolehkan menghadap kemana saja mengikuti kendaraan.

 

Beberapa masjid melenceng 10 derajat, ini sudah jauh sekali karena Jarak terpisah antara Ka’bah dan Asia Tenggara berkisar pada kilometer 6000-an (Aceh) hingga 11.000-an (Papua) km. Jauhnya jarak ini bermakna bahwa jika arah kiblat kita melenceng 1 derajat saja dari arah yang benar, maka penyimpangannya sangat besar dari Ka’bah itu sendiri.

Jika jarak yang terpisah adalah 8000 km, maka penyimpangan arah kiblat 1 derajat memberikan penyimpangan posisi kiblat dari Ka’bah sebesar 8000*1*pi/180 atau sekitar 140 km dari Ka’bah. Ini menunjukkan betapi pentingnya tempat shalat kita menunjuk pada arah kiblat yang benar.

Ada cara yang manual untuk memeriksa arah kiblat masjid kita / rumah kita dengan benar dan tepat yaitu pada tanggal 28 Mei pukul 16.18 WIB atau 09.18 GMT atau 17.18 Waktu Singapore / Malaysia

Dan juga pada Tanggal 16 Juli pukul 16.27 WIB atau 17.27 Waktu Singapore / Malaysia atau 09.18 GMT.

Hal ini dikarenakan matahari tepat berada diatas Ka’bah, oleh karena itu semua bayangan yang dibentuk matahari akan TEPAT menjauhi Ka’bah, mudah bagi kita untuk memeriksanya.

Seperti yang akhir- akhir ini kita sering mendengar melalui beberapa media, bahwa banyak mesjid di Indonesia ternyata Qiblatnya melenceng jauh dari arah yang seharusnya.
Sebagai seorang muslim, tentuhal ini meresahkan . Untuk melaksanakan sholat tentunya tidak dapat dilepaskan dengan arah qiblat untuk menghadap kepada-Nya. Banyak cara untuk menentukan ke arah mana arah qiblat yang benar. Selain kompas, salah satu adalah Qibla Locator.

Qibla Locator ini dapat digunakan setiap saat sepanjang ada koneksi internet, tidak perlu harus menunggu matahari tepat diatas Ka’bah di bulan mei dan juli.

Adapun Qibla Locator yang kami maksud adalah situs internet yang beralamatkan di http://apps.qiblalocator.com/ yang mana situs tersebut dapat menunjukkan ke arah mana qiblat yang benar. Qibla Locator menggunakan fasilitas peta di Google Map, selain menutukan arah qiblat, Qibla Locator juga dapat menunjukkan berapa kilometer jauhnya dari qiblat.

Untuk mencari tempat yang ingin kita ketahui arah qiblatnya maka kita tinggal memasukkan kota yang kita tuju di kotak yang disediakan, tentunya fasilitas ini hanya menjangkau tempat yang sudah ada petanya di Google Map.

Gambar di bawah ini adalah contoh gambar masjid Istiqlal Jakarta yang diambil dari Qibla Locator, garis merah menunjukan arah qiblat.

Alhamdulillah berkat software online gratis inilah kami menemukan bahwa masjid di dekat rumah kami ternyata melenceng hingga 30 derajat, dan 30 derajat ini bukan hal yang sedikit karena arahnya bukan ke Mekkah, namun ke AFRIKA SELATAN

Telah kami beritahu pada imam masjid,,, namun salah satu takmir dengan ketus menolak mengubah arah shalat 30 derajat ke kanan… dengan komentar: TIDAK PENTING ARAH KIBLAT, YANG PENTING ITU NIAT… PERSIS sperti beberapa saudara-saudari sekitar kita…

Sang imam sebetulnya mau mengubah arah shalat… terbukti saat shalat tidak ada oknum tersebut, dia mengubah arah shalatnya 30 derajat… 30 derajat bukanlah sedikit… perbedaan jaraknya dari mekkah ke afrika selatan…

Sekali lagi, jika hanya melenceng sedikit tidak apa, namun DI ERA MODERN DAN CANGGIH SEPERTI INI jika bisa tepat / mendekati mengapa tidak??? Dan jika melenceng jauh maka akan berpengaruh pada sah / tidaknya shalat

Bagi orang yang menyaksikan Ka’bah wajib menghadapkan ke Ka’bah itu sendiri secara tepat, tetapi bagi orang yang tidak menyaksikannya, karena jauh di luar kota Mekkah, hanya wajib menghadap muka ke arah Ka’bah… kecuali bagi musafir, sakit, keamanan situasi, musuh, binatang buas,,,
Jika kiblat menghadap AFRIKA SELATAN, atau madagascar, atau tempat yang jauh lainnya dan sudah diberitahu masih tetap bersikeras, maka Wallahu ‘alam diterima atau tidak nya kita serahkan pada Allah

Bagi anda yang memiliki saudara / teman / rekan dengan pekerjaan yang selalu berpindah-pindah seperti: tambang batubara di hutan belantara, pengeboran lepas pantai, pelaut, supir truk / supir bis antar kota antar propinsi, dan hobi mendaki gunung… kesemuanya selalu membawa:

1.software adzan di handphone untuk seluruh kota di dunia (dapat di download di www.islamterbuktibenar.net …)

2.kompas dengan koreksi kota seluruh dunia, dapat di download (beli) di toko muslim terdekat di kota anda

3.Handphone dengan GPS untuk koreksi lintang bujur di software adzan

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Ilmu Pengetahuan, Mengapa Aku Pilih Islam Sebagai Agamaku, Pelajaran Agama Islam, Renungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s