Jenis – Jenis Pasar Or Macam Macam Pasar


Jenis – Jenis Pasar dan struktur Pasar

Pasar dalam ilmu ekonomi adalah besarnya permintaan, dan penawaran pada suatu jenis barng atau jasa tertentu.

  1. Jenis- jenis Pasar

Pada dasarnya, pasar dapat dibagi dalam beberapa golongan, yaitu sebagai berikut.

    1. Berdasarkan wujudnya

Dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak.

  1. Pasar konkret ( pasar nyata ) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung ( dengan tatap muka ) antara penjual dan pembeli. Barang yang diperjualbelikan pun berada di tempat tersebut , Misalnya, pasar-pasar dan swalayan.
  2. Pasar abstrak ( pasar tidak nyata ) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung ( tatap muka ) maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di Bursa Efek Jakarta atau Bursa Efek Surabaya.

 

    1. Berdasarkan Waktu terjadinya

Dibedakan menjadi pasar bulanan, tahunan, dan pasar temporer, dan pasar temporer.

1.        Pasar harian merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya, pasar pagi, toserba, dan warung-warung.

2.        Pasar Minggu merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya, pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan.

3.        Pasar bulanan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Misalnya, pasar yang bisa terjadi di depan kantor- kantor tempat para pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjuangan pensiunannya setiap awal bulan.

4.        Pasar tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap stu tahun sekali. Misalnya, Pekan raya Jakarta, pasar malam, dan pameran pembangunan.

5.        Pasar temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu ( tidak rutin ). Misalnya,pasar murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI.

 

    1. Berdasarkan Luas jangkuannya

Menurut luas jangkuannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional dan pasar internasional.

  1. Pasar lokal merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja.

 

2.      Pasar nasional merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam suatu negara. Misalnya, pasar kayu putih di Ambon dan pasar tembakau di Deli.

 

3.      Pasar Internasional merupakan pasar yang mepertemukan penjual dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya, pasar tembakau di Bremen Jerman.


    1. Berdasarkan Hubunganya dengan proses produksi

Menurut hubungannya dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan input.

  1. Pasar output (pasar produk) merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi ( biasanya dalam bentuk barang jadi).
  1. Pasar input ( Pasar faktor produksi ) merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi (Sumber daya alam , berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal).
    1. Berdasarkan Strukturnya ( Jumlah Penjual dan Pembeli)

Menurut strukturnya, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.

1.      Pasar persaingan sempurna.

2.      Pasar perasingan tidak sempurna, yaitu terdiri atas:

a)             Pasar monopoli ,

b)             Pasar oligopoli,

c)             Pasar persaingan monopolistik,

d)            Pasar monopsoni,

e)             Pasar ologopsoni.

 

  1. Struktur Pasar

Berdasarkan strukturnya, pasar dibedakan menjadi:

    1. Pasar Persaingan Sempurna

Syarat pasar persaingan sempurna:

  1. Jumlah pembeli & penjual banyak
  2. Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
  3. Barang & jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen
  4. Informasi pasar bersifat sempurna

 

    1. Pasar Persaingan tidak sempurna

Terjadi jika salah satu / beberapa syarat pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi, mis: pembeli & penjual sedikit, dll

Ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna:

  1. Pasar monopoli adalah pasar yg terdiri atas seorang penjual dan pembeli banyak
  2. Pasar Oligopoli adalah pasar yang terdapat bebrapa penjual yang menjual barang sejenis
  3. Pasar Persaingan monopolistik adalah pasar campuran antara pasar persaingan sempurna & pasar monopoli.
  4. Pasar Monopsoni adalah pasar yg hanya terdiri atas seorang pembeli sedangkan penjualnya banyak.
  5. Pasar Oligopsoni adalah pasar yg dikuasai beberapa pembeli besar yg berperan mempengaruhi harga.

Penyebab terjadinya pasar monopoli:

  • Adanya undang-undang
  • Sumber ekonomi dikuasai 1 orang
  • Skala produksi ekonomis

Ø  Monopoli mempunyai kebaikan dan keburukan:

Kebaikan monopoli:

  1. Dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi di kalangan perusahaan
  2. Dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  3. Dapat mengontrol kepentingan orang banyak terutama untuk produk yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak

Keburukan monopoli:

  1. Memberi peluang bagi perusahaan bertindak sewenang-wenang sehingga merugikan konsumen.
  2. Menyebabkan produksi berjalan tidak efisien.
  3. Memungkinkan penjual melakukan diskriminasi harga untuk produk yang sama
  4. Mengurangi pelayanan terhadap konsumen
  5. Menyebabkan konsumen tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik:

  1. Setiap pembeli & penjual dapat mempengaruhi harga
  2. Barang yang diperjualbelikan hampir sejenis, tetapi beda merk
  3. Jumlah pembeli dan penjual cukup banyak tetapi tdk sebanyak pasar persaingan sempurna
  4. Ada pembatasan dalam pendirian perusahaan

Ø  Monopsoni mempunyai kebaikan dan keburukan:

Kebaikan monopsoni:

  1. Kualitas barang terjamin
  2. Harga produk tidak terlalu tinggi

Keburukan monopsoni:

  1. Produsen berada pada pihak yang lemah
  2. Produk yang dianggap rendah mutunya tidak akan dibeli sehingga produk yang gagal sering dibuang.

 

  1. Pasar Komoditas

Adalah interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa

Fungsi Pasar Komoditas:

    1. Sebagai tempat / sarana memperoleh informasi tentang beberapa jenis barang yang diperdagangkan di pasar dunia
    2. Sebagai tempat / sarana untuk mengadakan transaksi berbagai komoditas yg sedang laku di pasaran dunia
    3. Sebagai tempat atau sarana untuk memantau dan mengatur perdaganagn komoditas

Manfaat Pasar Komoditas:

  1. Bagi penjual (produsen)

Dapat mempermudah pemasaran atau penjualannya.

  1. Bagi pembeli (konsumen)

Dapat memudahkan konsumen dalam mendapatkan barang yang diingnkan dengan kualitas

  1. Bagi pemerintah

Memberikan tambahan devisa

 

  1. Pasar Input

Prinsipnya sama seperti pasar komoditas, perbedaannya terletak pada sisi permintaan yaitu permintaan input yang datang dari perusahaan yang merupakan pemasok barang-barang.

Contohnya: pasar tenaga kerja

a.    Pengertian Pasar Tenaga Kerja

Suatu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli tenaga kerja

Penyelenggaraan Pasar Tenaga Kerja

Ditangani oleh Departemen Tenaga Kerja (Depnaker)
Fungsi dan Manfaat Pasar Tenaga Kerja

Fungsi pasar tenaga kerja :

  1. Sebagai sarana penyaluran tenaga kerja
  2. Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan
  3. Sebagai sarana untuk mempertemukan pencari kerja dan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja

Manfaat adanya bursa tenaga kerja :

  1. Dapat membantu para pencari kerja dalam memperoleh pekerjaan shg dapat mengurangi pengangguran
  2. Dapat membantu orang-orang atau lembaga-lembaga yang memerlukan tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja
  3. Dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan tenagakerjaan

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Catatan Ku, Ilmu Pengetahuan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jenis – Jenis Pasar Or Macam Macam Pasar

  1. fany berkata:

    bagus, membantu tugas saya, sayangnya tata penulisannya kurang rapi, tidak berurutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s