Cara Mendatangkan Pengunjung ke Web/blog



Cara Mendatangkan Pengunjung ke Web/blog

Bagi seorang pebisnis online terutama yang  bergelut dibidang web developer dan toko online pengunjung adalah inti dari usaha mereka. Pengunjung adalah uang, tanpa pengunjung tak akan ada transaksi, tanpa transaksi pemasukan pun tak ada. Bila Anda adalah seorang blogger bila tak ada pengunjung yang datang ke web/blog ibaratkan nasi tida ada lauknya, hanya terasa hambar.

Cara mendatangkan Pengunjung

Ilustrasi

Setelah Anda memiliki web/blog langkah selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung. Semenarik apapun blog yang Anda miliki bila tak ada pengunjung tiada artinya. Pantaslah pepatah ini terucap    ‘’ Traffic is Money ‘’. Namun, jika Anda seorang Web Developer ataupun Publisher bila trafik ramai itu sangat menyenangkan, ‘’ Visitors a lot of Fun ‘’. Berikut Basic Cara Ampuh Datangkan Pengunjung :

                1. Search Engine Marketing (SEM)

                2. Seach Media Marketing (SMM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan teknik search engine yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung sesuai dengan kata kunci yang ia cari. Perbandingan SEM dan SMM yakni dari segi keuntunganya, SEM sangat cocok untuk Toko Online/ sejenisnya. SEM lebih terbukti mendatangkan traffic yang lebih tinggi dari pada SMM.

Search Media Marketing (SMM) merupakan teknik search engine meggunakan social media, seperti facebook, twitter, dan google plus (terpopuler). Bila Anda meggunakan SMM sebagai media mendatangkan pengunjung hal yang harus Anda miliki yakni brand yang kuat dan jejaring yang besar.

Untuk SMM menggunakan Facebook, disarankan untuk membuat fans page. Keuntungan SMM dibandingkan dengan SEM adalah adanya kedekatan emosional antara calon pembeli dengan penjual. Membangun fans page memungkinkan kita untuk berpromosi dengan memasukkan foto,video,deskripsi,profil, ataupun event yang menarik untuk pelanggan Anda.

Selain hal tersebut pengunjung juga dapat memberika testimonial secara langsung. Facebook juga menawarkan perikalan yang berbayar, sama halnya dengan iklan media massa di dunia nyata. Periklanan facebook disebut facebook ads. Facebook ads akan menmpilkan iklan adana pada sidebar facebook dan diarahkan pada pasar tertentu.

Twitter juga memungkinkan untuk berpromosi, menjelaskan, mereview, atau menerangkan usaha anda dalam pesan singkat yang biasa disebut tweet. Tweet akan berfungsi agar followers anda dapat memepelajari lebih lanjut mengenai produk yang dipromosikan.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM memberikan hal lebih dibandingkan SMM, karena SEM mengarahkan pengguna internet sesuai kata kunci yang ia cari. SEM sangat cocok untuk pebisnis newbie, SEM lebih menjanjikan untuk usaha anda J. SEM terbagi 3 :

1. Organic Traffic.

2. Paid Traffic.

3. Direct Traffic.

Yang akan kita bahas lebih spesifik adalah Organic Traffic dan Paid Traffic.

1. Organic Traffic.

Organic traffic adalah  mendatangkan pengunjung dengan teknik SEO (Search Engine Optimazation). SEO adalah suatu metode untuk mengoptimalkan keberadaan website/blog agar bisa menempati posisi teratas pada mesin pencari, seperti GOOGLE, YAHOO, BING, dll. Sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet. Kuncinya adalah Riset Keywod. Semakin tinggi rangking keyword maka akan semakin banyak pula pengunjung yang datang ke website Anda.

Keuntungan Organic Traffic.

1. Gratis, Anda tidak perlu membayar, cukup lakukan Optimasi SEO.

2. Meningkatkan kredibilitas, dengan posisi teratas di mesin pencari tentunya hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas website/blog Anda. Mesin pencari tentu akan menampilkan website terbaik sesuai keyword yang dicari.

Kekurangan Organic Traffic.

1. Membutuhkan waktu, SEO juga membutuhkan waktu. Website yang baru dibuat tidak mungkin langsung menempati posisi teratas di mesin pencari. Untuk keyword kelas menengah biasanya menunggu 2-3 bulan.

2. SEO membutuhkan skill. SEO membutuhkan skill atau teknik, baik itu melalui teknik penulisan konten hingga kode-kode programming. Namun, jika Anda mempunya budget yang lebih, Anda bisa memanfaatkan Jasa SEO.

2. Paid Traffic

Paid Traffic merupakan cara mendatangkan pengunjung ke web/blog menggunakan jasa periklanan online berbayar. Contoh Paid Traffic adalah Google Adword dan Chitika.

*Note : Untuk website/blog yang belum berumur 3 bulan, disarankan untuk tidak melakukan teknik SEO yang berlebihan. Karena itu bisa berdampak buruk terhadap web/blog tersebut. Anda bisa saja dijatuhi hukuman masuk kedalam Google Sandbox (Penjara Google).

Nantikan Artikel SEO : Basic |Tips SEO untuk Pemula.

Semoga Bermanfaat :) . Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan isi di kotak komentar.

Tentang ritokurniawan

Sebuah doktrin sejati bagi semua Mujahidin Indonesia yang mencintai negara ini, lebih dari apapun di dunia ini. "Disini kami di lahirkan dan disini kami menumpahkan darah, meregang nyawa berbelitan merah putih di jasad kami. Jiwa raga kami demi kemanusiaan." Hak cipta tulisan ini adalah milik Allah SWT semata. Karena Ilmu adalah amanat Allah yg harus disampaikan kepada Ummah. Saya hanya menyampaikan apa yang kami miliki. Sungguh bahagia insan yang telah menemukan cinta sejatinya.. " ibarat tasbih & benang pengikatnya" terajut menjadi satu untaian yang selalu disentuh satu demi satu oleh insan mulia yang bibirnya basah akan cinta kepada Rabb-Nya" Silahkan Copy Paste Sendiri Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir
Pos ini dipublikasikan di Belajar Membuat Blog Pribadi, Catatan Ku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s